ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS 7 DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
AlAli, R., Wardat, Y., & Al-Qahtani, M. (2023). SWOM strategy and influence of its using on developing mathematical thinking skills and on metacognitive thinking among gifted tenth-grade students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(3). https://doi.org/10.29333/ejmste/12994
Auliya Amanda, Rusi Ulfa Hasanah, & Siti Nurmala. (2024). Systematic Literature Review: Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 73–86. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i3.54
B Matthew Miles, & Michael A Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Publication (pp. 1–354).
Bancin, R., & Sholeh, M. (2023). HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN PELAJAR LUAR BIASA. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 1–7.
Çakıroğlu, Ü., & Yıldırım, M. (2024). Exploring students’ mathematical thinking skills in educational robotics activities. Thinking Skills and Creativity, 53, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101595
Çelik, H. C., & Özdemir, F. (2020). Mathematical Thinking as a Predictor of Critical Thinking Dispositions of Pre-service Mathematics Teachers. International Journal of Progressive Education, 16(4), 81–98. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.268.6
Creswell. (2012). The Selection of a Research Approach.
Dwi Andini Rachmawati, Juandi Dadang, & Darhim. (2023). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3, 1–10.
Ertanti, D. W. (2020). MODEL BOWLING MONSTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal PGMI, 3(3), 1–17.
Fazzilah, E., Nia Sania Effendi, K., & Marlina, R. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA. Jurnal Cendekia ; Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1–1043.
Hidayatul Firdaus, A., Novaliyosi, & Khaerunnisa Etika. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Konten Aljabar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17(1), 1–9.
Holyoak, K. J., & Morrison, R. G. (2012). Thinking and Reasoning: A Reader’s Guide. In Oxford Handbook (Vol. 1, pp. 1–11).
Jumiati, Y., & Sylviana Zanthy, L. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 1. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18
Kanduli, P. P., Prayitno, A., & Khasanah, F. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI ALJABAR. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 20(1), 1–12.
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR PADA SISWA SMP. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Nitiastuti Fitria, W., Maulina Dewi Soewardini, H., & Hakim, A. (2023). PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOPO. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 1–8.
Noer Qomarijah, O., Taren, V., & Nurmilah, R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 30(5), 126–135.
Nuryanti, F. E. (2022). Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(1), 30–39.
Purwaningsih, W., & Marlina, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.639-648
Qolbiyah, R., & Sari, C. K. (2024). ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERORIENTASI AKM NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 467–480. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6122
Roza Yana Dima, Hayati Laila, Yulis Ratna Tyaningsih, & Kurniati Nani. (2024). Growth of Tin Oxide Thin Film by Aluminum and Fluorine Doping Using Spin Coating Sol-Gel Techniques. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.264
Sari Wennita, Nasriadi Ahmad, & Salmina Mik. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA MENYELESAIKAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) PADA TAHUN AJARAN 2020 DI SMAN 1 TELUK DALAM KABUPATEN SIMEULUE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1, 1–15.
Sartika, S. A. E., Suharta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1).
Schoenfeld, A. H. (1992). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196, 1–38.
Soim Daimah, U. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Journal of Mathematics Education and Applied, 04, 1–9. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Stacey Kaye. (2010). What Is Design Thinking and Why Is It Important? In Review of Educational Research (Vol. 82, Issue 3). https://doi.org/10.3102/0034654312457429
Subanji, S. (2024). Berpikir matematis dalam mengonstruksi konsep matematika: sebuah analisis secara teoritis dan praktis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.62947/jkpi.v1i1.7
Suherman, S. (2024). Role of creative self-efficacy and perceived creativity as predictors of mathematical creative thinking: Mediating role of computational thinking. Thinking Skills and Creativity, 53, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101591
Yohana Hoar, A., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan. Math Edu : Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7.
Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01