ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Injelia Rahmawati
Nining Setyaningsih


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7654

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan kemampuan literasi matematis siswa dalam memecahkan soal AKM yang berfokus pada materi statistika berdasarkan perspektif gaya kognitif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih 2 siswa kelas VIII G SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. Instrumen penelitiannya yaitu tes GEFT dan tes AKM pada materi statistika sedangkan tes, dokumentasi, dan wawancara menjadi teknik pengumpulan data penelitian ini. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwasannya siswa field independent lebih unggul kemampuan literasi matematisnya dibandingkan siswa field dependent. Siswa field dependent hanya menguasai tiga indikator saja, sedangkan siswa field independent memenuhi seluruh indikator

Keywords


AKM; gaya kognitif; literasi matematis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 15. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843

Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.

Anggrieni, N., & Putri, R. I. I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6(2), 472–481. https://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1065

Annisa Syafitri, Villia Anggraini, & Lucky Heriyanti Jufri. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Materi Statistika di SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah datar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 501–513. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i4.2055

Aritonang, Y. B., Hasibuan, L. R., & Julyanti, E. (2025). DATA BERKELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TIPE. 11(1), 616–623.

Fadilatussyifa, Z., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis keterampilan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 264–277. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2163

Fuldiaratman, F., Minarni, M., & Pamela, S. S. (2021). Aktivitas Metakognitif Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Melalui Gaya Kognitif Field Dependent Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2831–2839. https://doi.org/10.15294/jipk.v15i2.28256

Herliani, E. F., & Wardono. (2019). perlunya kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif dalam pembelajaran realistic mathematics education(RME). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 234–238.

Irawan, W. H. (2024). Analisis Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Terintegrasi Islam Ditinjau Dari Gaya Kognitif. … Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 408–417. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/6232

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–32. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf

Kholid, M. N., & Jayanti, I. T. (2022). Truth-Seeking Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Non-Rutin Ditinjau Dari Gaya Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1241. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5051

Khumairoh, H. M., & Agoestanto, A. (2024). LITERASI MATEMATIKA SMA DENGAN PROBLEM BASED. 10(2), 350–359.

Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). Analisi Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7

Nisa, N. A., Prayitno, S., Hikmah, N., & ... (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom …, 6(1). https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/5968%0Ahttps://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/download/5968/4549

Novri, I., & Rizki, N. A. (2024). ANALISIS ATURAN ASOSIASI KESALAHAN STATISTIKA SISWA KELAS X-11 SMA NEGERI 10 SAMARINDA. 10(2), 418–433.

Nuraini, D. S., Nurjamil, D., & Dewi, S. (2024). Jurnal Kongruen Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Konten Domain Statistika Berdasarkan Tingkat Self-Efficacy. 03(03), 218–226.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Prahesti, S. S., & Rizki, N. A. (2025). SAMARINDA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM. 11(1), 116–130.

Putri, Q. A., & Novaliyosi, N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Implusif. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 104–111. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5458

Qolbiyah, R., & Sari, C. K. (2024). NUMERASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. 10(2), 467–480.

Qoriyani, H., & Widiyastuti, E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Mengerjakan Soal Tipe AKM Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 69. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20132

Rahmasari, I., & Setyaningsih, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1773–1786. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2402

Tronanawowoy, D. I. (2023). Belajar Statistika Menyenangkan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Padi. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 24–27. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.24-27

Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836–1849.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2067

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458