DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 40 SAMARINDA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PLSV dan PtLSV

Edoardo Christianto Margita
Berahman Berahman


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7740

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 58 siswa, sedangkan objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berupa empat soal uraian serta wawancara kepada sepuluh siswa yang dipilih berdasarkan variasi kemampuan dalam menyelesaikan soal. Teknik analisis data meliputi penilaian hasil tes, pengelompokan siswa berdasarkan kategori kemampuan, penyajian data, analisis hasil wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 siswa (1,72%) termasuk dalam kategori sangat baik, 2 siswa (3,45%) kategori baik, 2 siswa (3,45%) kategori cukup, 2 siswa (3,45%) kategori kurang, dan 51 siswa (87,93%) berada dalam kategori sangat kurang. Siswa dalam kategori sangat baik dan baik mampu menyelesaikan sebagian besar atau seluruh soal dengan tepat, sedangkan siswa kategori cukup masih mengalami beberapa kesalahan, khususnya dalam tahap menyelesaikan dan evaluasi atau meriksa kembali hasil pengerjaan soal. Sebagian besar siswa menunjukkan kesulitan dalam memahami permasalahan dan menyusun penyelesaian yang benar. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel masih tergolong rendah secara keseluruhan.

Keywords


menyelesaikan soal; persamaan linier satu variable; pertidaksamaan linier satu variabel

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Chilmiyah, S. M. (2014). Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika (The Thinking Ability Of Students In Solving Mathematics Story Problems). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 237–248.

Pratiwi, N. A., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Soal Tes Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 200–207.

Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785

Sonia, E., Nurjaman, A., & Hutajulu, M. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1087–1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1087-1094

Yonanda, D. A., Endah, A. Y., & Lestari, A. (2019). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2017(3), 375.