PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Dinarti, S., Qomariyah, U. N., & Agustina. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Hafiz, M., Darhim, & Dahlan, J. A. (2020). Comparison of mathematical literacy enhancement between students with problem-based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032075
Hasanah, B. S. F. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gemarang Melalui Model Discovery Learning. Seminar Nasional Sosial Sains (SENASSDRA), 1, 1182 1193.
Hia, O. M., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1752-1761.
Indrawati, Fiqi Annisa, & Wardono. (2019). Pengaruh self efficacy Terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.
Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54.
Kusumadhani D Waluya SB and Rusilowati A 2015 Mathematics Literacy Based on Adversity Quotient on the Discovery Learning and Guilford Approach. Sutikno, Widiyatmoko A, Masturi, Purwinarko A,(Eds.) Proceeding of International Conference on Mathematics Science, and Education. Applied Research of Mathematics and Natural Sciences to Improve Its Usefulness for Knowledge and Society Semarang, pp.5-6.
Liunesi, D. T., Nenohai, J. M. H., & Halim, F. A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUPANG. 4, 133–144.
Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran problem based learning dengan tinjauan gaya belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213
Madyaratri, D. Y., Wardono, W., & Kartono, K. (2021). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 48-54.
Maesaroh, S., Andriani, P., & Astuti, A. M. (2025). Systematic Literature Review ( SLR ) : Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Pada Sekolah Menengah di Indonesia dan Malaysia Systematic Literature Review ( SLR ): Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Pada Sekolah Menengah di Indonesia dan Malaysia. 4(35), 2293–2308.
Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery (Z. Ulfah (ed.)). Ar Ruzz Media.
Melati, V. R., & Umbara, U. (2023). EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 29-38.
Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Muhammad, G. M., & Karso, K. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 108. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/213
Muliyani, R. (2018). SIGNIFIKANSI DISCOVERY LEARNING vs GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3118
Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam, E. A. (2023). Systematic Literature Review (SLR) : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JURNAL JISPENDIORA, 2(1). https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2il.743
Page, M. J., Moher, D., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., Mcdonald, S., ... Mckenzie, J. E. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: Updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n160
Pernandes, O., Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Prabawati, N., Muslimin, M., & Heru, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Materi Operasi himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 142–151. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2897
Purnama, A. (2024). Peningkatan Literasi Matematis dI Sekolah Dasar melalui Pendekatan Guide Discovery Berbantuan E-Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 395–406. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8009
Putri, Y. I., & Fakhriyana, D. (2023, August). Perbandingan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 449-457).
Sapitri, B. A., Masjudin, M., Pujilestari, P., & Mulianah, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika. Reflection Journal, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1244
Stiadi, E., Lutfi, A., & Sari, A. A. I. (2023). Perbandingan Efektivitas Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 140–147.
Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 145. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6264
Yanwari Madyaratri, D. (2022). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research Dewi Yanwari Madyaratri, 11(1), 2020–2068. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer