PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Syahrul Wafa Hilalunnaja
Arief Agoestanto
Bambang Eko Susilo


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.7893

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh model Guided Discovery Learning (GDL) terhadap literasi matematis siswa berdasarkan kajian literatur. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan GDL dalam meningkatkan literasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengikuti prosedur Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Data diperoleh dari berbagai sumber jurnal terindeks yang relevan dengan topik penelitian. Artikel yang digunakan dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Hasil kajian menunjukkan bahwa GDL memiliki pengaruh positif terhadap literasi matematis siswa, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, serta keterampilan pemecahan masalah. Beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas model ini meliputi keterlibatan aktif siswa, kualitas bimbingan guru, serta kesiapan materi ajar sesuai dengan karakteristik siswa. berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa GDL merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi matematis siswa. Oleh karena itu, penerapan model ini perlu didukung oleh perencanaan pembelajaran yang matang serta pengembangan sumber daya pendukung yang memadai.

Keywords


guided discovery learning; literasi matematis; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Dinarti, S., Qomariyah, U. N., & Agustina. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 103–112. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Hafiz, M., Darhim, & Dahlan, J. A. (2020). Comparison of mathematical literacy enhancement between students with problem-based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032075

Hasanah, B. S. F. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gemarang Melalui Model Discovery Learning. Seminar Nasional Sosial Sains (SENASSDRA), 1, 1182 1193.

Hia, O. M., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1752-1761.

Indrawati, Fiqi Annisa, & Wardono. (2019). Pengaruh self efficacy Terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54.

Kusumadhani D Waluya SB and Rusilowati A 2015 Mathematics Literacy Based on Adversity Quotient on the Discovery Learning and Guilford Approach. Sutikno, Widiyatmoko A, Masturi, Purwinarko A,(Eds.) Proceeding of International Conference on Mathematics Science, and Education. Applied Research of Mathematics and Natural Sciences to Improve Its Usefulness for Knowledge and Society Semarang, pp.5-6.

Liunesi, D. T., Nenohai, J. M. H., & Halim, F. A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUPANG. 4, 133–144.

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran problem based learning dengan tinjauan gaya belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Madyaratri, D. Y., Wardono, W., & Kartono, K. (2021). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 48-54.

Maesaroh, S., Andriani, P., & Astuti, A. M. (2025). Systematic Literature Review ( SLR ) : Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Pada Sekolah Menengah di Indonesia dan Malaysia Systematic Literature Review ( SLR ): Pembelajaran Matematika Berbasis STEM Pada Sekolah Menengah di Indonesia dan Malaysia. 4(35), 2293–2308.

Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery (Z. Ulfah (ed.)). Ar Ruzz Media.

Melati, V. R., & Umbara, U. (2023). EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 29-38.

Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416

Muhammad, G. M., & Karso, K. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 108. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/213

Muliyani, R. (2018). SIGNIFIKANSI DISCOVERY LEARNING vs GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3118

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam, E. A. (2023). Systematic Literature Review (SLR) : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JURNAL JISPENDIORA, 2(1). https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2il.743

Page, M. J., Moher, D., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., Mcdonald, S., ... Mckenzie, J. E. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: Updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n160

Pernandes, O., Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Prabawati, N., Muslimin, M., & Heru, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Materi Operasi himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 142–151. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2897

Purnama, A. (2024). Peningkatan Literasi Matematis dI Sekolah Dasar melalui Pendekatan Guide Discovery Berbantuan E-Learning. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 395–406. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8009

Putri, Y. I., & Fakhriyana, D. (2023, August). Perbandingan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 449-457).

Sapitri, B. A., Masjudin, M., Pujilestari, P., & Mulianah, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika. Reflection Journal, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1244

Stiadi, E., Lutfi, A., & Sari, A. A. I. (2023). Perbandingan Efektivitas Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 140–147.

Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 145. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6264

Yanwari Madyaratri, D. (2022). Mathematics Literacy Skill Seen from Learning Style in Discovery Learning Model with Realistic Approach Assisted by Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research Dewi Yanwari Madyaratri, 11(1), 2020–2068. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer