PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS APLIKASI ANDROID BERBANTUAN KONDULAR PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMA

Jumain Jumain
Zainuddin Untu
Tri Widyasari
Abd. Basir Abbas


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8054

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan serta menguji kelayakan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) yang dikembangkan dalam platform Android menggunakan Kodular pada materi Transformasi Geometri untuk jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengumpulan data, desain, pengembangan, dan validasi produk oleh ahli materi serta media. Berdasarkan temuan penelitian, para pakar menyatakan aplikasi E-LKPD ini valid hingga sangat valid dengan indeks Aiken V masing-masing 0,79 dan 0,92. Melalui uji coba kepada peserta didik, Aplikasi E-LKPD dinilai praktis dengan indeks Aiken V sebesar 0,8. Dengan demikian, media pembelajaran ini layak digunakan. Diharapkan, keberadaan E-LKPD ini dapat memperkaya pembelajaran Transformasi Geometri dengan pendekatan yang menarik, interaktif, dan mendorong hasil belajar siswa.

Keywords


E-LKPD; aplikasi Android; Kodular; Transformasi Geometri

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agustina, E. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan model inkuiri terbimbing berbasis Android pada materi Kingdom Plantae untuk peserta didik SMA kelas X [Tesis, Universitas Muhammadiyah Metro]. UMMetro Eprints Repository.

Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Prastowo, A. (2014). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ayunda, R. P., Zakir, S., Sesmiarni, Z., & Aprison, W. (2023). Pengembangan e-LKPD berbasis Android menggunakan Kodular pada mata pelajaran matematika kelas VIII di MTsS Plus Padang Kandang Kabupaten Padang Pariaman. Koloni, 2(1), 163–178. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i1.428

Febriana, A., & Setyaningrum, W. (2020). Penerapan transformasi geometri dalam kehidupan nyata: Sebuah studi pengembangan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 124–136.

Gay, L. R. (1991). Educational evaluation and measurement: Competencies for analysis and application (2nd ed.). New York: Macmillan Publishing Company.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Novriani, S. (2021). Pengembangan E-LKPD materi momentum dan impuls berbasis Android untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1). https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136

Purwaningrum, W., & Leksono, I. P. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis digital sebagai inovasi pembelajaran daring. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 129–137.

Putra, M. R., & Wulandari, S. (2019). Pengaruh penggunaan Geogebra terhadap pemahaman konsep transformasi geometri siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 45–56.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota. https://worldcat.org/title/1611325

Trianto. (2015). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Umbaryati. (n.d.). Matematika. Prisma, 218–221.

Utami, D., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). The importance of mathematical competence in industrial revolution 4.0. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012056. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012056