DESKRIPSI KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Febriyanto Natua
Sarson W. Pomalato
Auli Irfah


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8190

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan computational thinking (CT) siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini, diambil melalui hasil tes kemampuan computational thinking matematika siswa dan hasil wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tilango Tahun Ajaran 2024/2025 yang masing-masing diambil 2 orang berdasarkan tingkat kemampuan computational thinking tinggi, sedang dan rendah dengan teknik purposive sampling. Data yang didapatkan kemudian direduksi dan dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan indikator-indikator proses kemampuan literasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan computational thinking (CT) kategori tinggi menunjukkan penguasaan yang signifikan terhadap semua indikator yang diukur seperti aspek dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma dengan baik. Sementara itu, bahwa siswa dengan kemampuan computational thinking (CT) kategori sedang menunjukkan penguasaan yang cukup baik terhadap semua indikator yang diukur, meskipun masih perlu pengembangan lebih lanjut. Sedangkan, siswa dengan kemampuan computational thinking (CT) kategori rendah menunjukkan keterbatasan dalam menguasai indikator-indikator yang diukur dalam menyelesaikan soal matematika pada materi aritmatika sosial.

Keywords


Kemampuan Computational Thinking; Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Amalia, K. F., Nurcahyono, N. A., & Lukman, H. S. (2025). Identifikasi Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 8(2), 89–97. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3134

Amelia, A. (2020). Pengaruh Model Cooperative Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis (Vol. 21, Issue 1).

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Angraini, L. M., & Ilham Muhammad. (2023). Analysis Of Students’ Computational Thinking Ability In Prior Mathematical Knowledge. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(2), 253–264. https://doi.org/10.56855/intel.v2i2.308

Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83

Assaf, D., Adorni, G., Lutz, E., Negrini, L., Piatti, A., Mondada, F., Mangili, F., & Gambardella, L. M. (2024). The CTSkills App -- Measuring Problem Decomposition Skills of Students in Computational Thinking. Swiss National Science Foundation (SNSF). http://arxiv.org/abs/2411.14945

Azizah, N. I., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Computational thinking process of high school students in solving sequences and series problems. Jurnal Analisa, 8(1), 21–35. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17917

Bestari, N. P. (2022). Nadiem Usul Kurikulum Computational Thinking, Ini Definisinya. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20221011102918-37-378733/nadiem-usul-kurikulum-computational-thinking-ini-definisinya

Budiansyah, A. (2020). Nadiem Usung Computational Thinking Jadi Kurikulum, Apa Itu? CNBS Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200218151009-37-138726/nadiem-usung-computational-thinking-jadi-kurikulum-apa-itu

Cahdriyani, R. A., & Richardo, R. (2017). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI, 11, 50–56. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52691-1_13

Danindra, L. S. (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1).

Darussakinah, N., & Yahfizham, H. &. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP dengan Menggunakan Software Geogebra. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3b). https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1761

Grover, S. (2018). The 5th ‘C’ of 21st Century Skills? Try Computational Thinking (Not Coding). https://www.edsurge.com/news/2018-02-25-the-5th-c-of-21st-century-skills-try-computational-thinking-not-coding

Herlina Budiarti, Teguh Wibowo, & Puji Nugraheni. (2022). Analisis Berpikir Komputasional Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1102–1107. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.752

Konijo, N. P., & Katili, N. (2025). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Tapa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 764–772. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i2.3187

Leinonen, J., Denny, P., Macneil, S., Sarsa, S., Bernstein, S., Kim, J., Tran, A., & Hellas, A. (2023). Comparing Code Explanations Created by Students and Large Language Models. Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 1, 124–130. https://doi.org/10.1145/3587102.3588785

Lestari, S., & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–188. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3592

Litia, N., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Profil Berpikir Komputasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Belajar di SMA N 1 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1508–1518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2270

Majid, M., Oroh, F. A., Zakaria, P., Maharani, S., & Moha, A. (2025). Publication Trends of Computational Thinking in Elementary School Students: A Bibliometric Review. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 39–48. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.3161

Malanua, Moh. K., Pomalato, S. W. D., & Damayanti, T. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Self Efficacy Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 1–20. https://doi.org/10.24853/fbc.10.1.1-20

Mardiah, A., Yuliana Fitri, D., & Sains Dan Teknologi, F. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. In J-PiMat (Vol. 5, Issue 2).

Marethi, I., Rafianti, I., & Setiani, Y. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis Tentang Berpikir Komputasional Dalam Pendidikan Matematika: Implikasi Dan Tantangan. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 5(4).

Marfuah, A. S. (2022). Analisis Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik Dalam Penyelesaian Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Pola Sidik Jari. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Maulida Husnani, T., Gajah Mada, J., Baru, J., & Mahfudy, S. (2025). Analysis of Students’ Computational Thinking Skills in Solving Social Arithmetic Problems. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i1.929

Mirnawati, N., Muzdalipah, I., & Madawistama, T. (2024). Analisis Proses Berpikir Abstraksi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Jenis AKM pada Materi SPLTV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kongruen. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen

Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Lestari, N. D. S., Kurniati, D., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 343. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8013

Mukhibin, A., Herman, T., A, E. C. M., & Utomo, D. A. S. (2024). Kemampuan computational thinking siswa pada materi garis dan sudut ditinjau dari self-efficacy. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 143–152. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21239

Mustaqimah, U. P. S., & Ni’mah, K. (2024). Profil kemampuan berpikir komputasi siswa SMP pada soal tantangan bebras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 297–308. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21590

Nugraha, Y. S., & Irfah, A. (2024). Analisis Korespondensi Kemampuan Dasar Matematika Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Berdasarkan Asal Daerah, Sekolah, dan Jurusan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2294–2306. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3559

OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (DRAFT). https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA%202021%20Mathematics%20Framework%20Draft.pdf

OECD. (2019). Programme For International Student Assesment (PISA) Results From PISA 2018.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. OECD Publishing. https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Pasaribu, R., Sinaga, B., & Mulyono, M. (2023). Analisis Kesulitan Berfikir Pola dan Keterampilan Algoritma Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1274–1283. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2269

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660–2672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1547

Putri Maharani, P., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2024). Analisis Kemampuan Computational Thinking Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matema. https://doi.org/10.17509/xxxxxxxxxx

Riddell, R. (2018). Should the 4 Cs of 21st century skills make room for one more? https://www.k12dive.com/news/should-the-4-cs-of-21st-century-skills-make-room-for-one-more/517878/

Sartina, D., Maylani, S., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking Dalam Pembelajaran Proyek Topik Energi Alternatif Kelas Iii Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 294–304. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2773

Suhendar, Y., & Tita Rosita, N. (2024). Analisis Kemampuan Computational Thinking (Ct) Peserta Didik Kelas 8 Smp Negeri 1 Jatinangor. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i2.19506

Wardani, P. (2024). Berpikir Komputasi Matematika Siswa pada Pelajaran Matematika (Systematic Literature Review). Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3b). https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1774