ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MURID: STUDI SLR

Ricky Efendi
Bambang Eko Susilo
Arief Agoestanto
Scolastika Mariani


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8287

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid di berbagai jenjang pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap artikel jurnal terbitan tahun 2016–2025. Dari 67 artikel awal, terdapat 21 jurnal yang memenuhi kriteria. Setelah melalui analisa didapat 13 artikel yang tidak lengkap data penelitianya dan hanya 8 artikel yang memuat data kuantitatif lengkap, khususnya data pretest dan posttest. Subjek penelitian mencakup siswa jenjang SD hingga SMA dari berbagai mata pelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara konsisten memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis murid, dengan rata-rata kenaikan skor sebesar 27,36 poin. Efektivitas PBL tampak seragam di semua jenjang pendidikan dan lintas mata pelajaran, menunjukkan bahwa pendekatan ini bersifat fleksibel dan aplikatif. Variasi implementasi PBL dalam artikel terpilih meliputi pendekatan berbasis etnomatematika, penggunaan scaffolding, dan pemanfaatan media digital seperti Canva. Terlihat juga bahwa saat melakukan penelitian, jumlah sampel dan populasi yang dipilih cukup mempengaruhi peningkatan variabel terikatnya Simpulan dari studi ini menegaskan bahwa PBL berkontribusi penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis karena menekankan pada proses pembelajaran aktif, analitis, dan kontekstual. Oleh karena itu, model PBL direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk membangun daya nalar dan kemampuan berpikir kritis murid di berbagai tingkat dan konteks pendidikan.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ariyani, Oktavia Wahyu & Prasetyo, Tego. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 Halaman 1149 – 1160. doi: 10.31004/Basicedu.V5i3.892.

Astuti, Sherly tri., Susbiyani, Arik & Afroh, Ibna Kamela. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10955.

Ati, Tri Puji & Setiawan, Yohana. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 04, No. 01, Mei 2020, pp. 294-303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209.

Hamidah, Fajrin Hana ., Pangestu, Deviyanti & Habibi, Roy Kembar. (2025). Penerapan LKPD Canva Berbasis Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Lentera : Jurnal Ilmiah pendidikan. 18 (1), pp. 101 - 110. https://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Lentera/Article/View/1752.

Kumalasari, Eni & Widodo, Susilo Tri. (2025). Keefektifan Model PBL Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.10 No. 1 March2025, Pages54-68. http://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Index.Php/Gentala.

Maharani, Irena & Putra, Ary Antoni. (2023). Hubungan Metode Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Mutaʹallimin - Vol. 1 No. 1 (2023) Halaman: 23-35. https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM

Mita & Ihsanudin. (2024). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Concept Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 08, Nomor 02, April-Juli 2024, pp. 1211-1224. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3198.

Pratiwi, Ulpha Mega., Novaliyosi & Pujiastuti, Heni. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Penyelesaian Soal Literasi Numerasi. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 16 Nomor 2, Halaman 347 – 356. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma.

Prayoga, Aji ., Setyaningtyas, Eunice Widyanti. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika ,Volume 05, No. 03, November 2021, pp. 2652-2665. doi: 10.31004/Cendekia.V5i3.938.

Saputra, Hendra & Nababan, Siti Aminah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Jurnal Genta Mulia, Volume IX No. 2, Juli 2018 Page : 56-70. https://Doi.Org/10.61290/Gm.V9i2.540.

Sarwoedi., Widada, Wahyu & Herawaty, Dewi. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1 (1), 2021, 31-34. https://Doi.Org/10.33292/Amm.V1i1.5