PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBASIS MEDIA LUDO MATH GAME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 95/II MUARA BUNGO



DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i2.8668

Abstract


Studi ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbasis media Ludo Math Game dalam pembelajaran matematika siswa fase C (kelas V) SD Negeri 95/II Muara Bungo, penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini ada 51 siswa yang terbagi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, data yang dikumpulkan melalui tes pilihan ganda pada pre-test dan post-test, hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar eksperimen sebesar 95 dan kelas kontrol sebesa 54. Uji mann-Whitney menunjukkan p-value sebesar 0,012 (kelas eksperimen) dan 0,001 (kelas kontrol), lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, kesimpulannya, model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbasis media Ludo Math Game efektif meningkakan hasil belajar matematika siswa. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran khususnya pada materi bilangan pecahan di Sekolah Dasar.

 

Keywords


Course Review Horay; Ludo Math Game; Hasil Belajar; Bilangan Pecahan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Achdiyat, M., & Andriyani, F. (2016). Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 246–255. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.996.

Agus, I., & Lusyana, E. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish. ISBN: 978-623-02-5455-0.

Aisyah, N., Ummu Fajariyah Akbari, Fenny Tanalinal Khasna, Dian Meilani, dan Yanuarius Bria Seran (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Depdiknas.

Akhyar, D. B. (2021). Model-Model Pembelajaran. Wijaya Wonogiri: CV Pradina Pustaka, Sukoharjo. ISBN: 9786239816902.

Andriyani, D., & Samiyem, S. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasipada Pelajaran Matematika. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(3), 1435–1441. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i3.12316.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Avana, N., Jamaris, J., Solfema, S., Guswita, R., & Elmanda, S. (2022). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Guided Discovery Learning Di Kelas V. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 363– 368. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.1008.

Avana, N., Subhanadri, S., Ambiyar, A., Aziz, I., & Desmawati, D. (2023). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Di Kelas Iii Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 230–239. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1039.

Bawonseet, M. P., Domu, 1., & Salajang, S. M. (2024). Desain Pembelajaran Peluang Menggunakan Permainan Ludo Sebagai Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 5(2). https://doi.org/10.53682/ marisekola.v5i2.2658.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Depdiknas.

Djiwandono, M. (2020). Pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan motivasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 34(2), 175-188.

Djumariati, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII/A SMP Negeri 1 Ngawi Kabupaten Ngawi …. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), I.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23.

Fendrik, M. (2023). Pengembangan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penerbit Winaya Ilmu. ISBN: 978-623-09-6907-2.

Gee, J. P. (2021). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Macmillan.

Hasan, M., Harahap, tuti khairani, Khasanah, U., Inanna, & Rif’ati, B. (2021).Tahta Media Group (M. Hasan (ed.); cetakn per). Tahta Media Grub.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Huda, Miftahul, M. P. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran (Cetakan Iv). Pustaka Pelajar.

Imami, N., Husniati, H., & Umar, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kekeri Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 834–841. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1274.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.

JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 186–194. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.800.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770.

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 266–276.

Sudjana, N. (2005). Reliabilitas alat ukur dalam penelitian pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan (Parameter), 5(2), 112-124.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung:Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-UPI.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Matematika sebagai sarana meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120-135.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Kencana Prenadamedia Group. In Penerbit Kencana (Vol. 49, Issues 23–6).

Sweller, J. (2022). Discussion of the special issue on cognitive load theory. British Journal of Educational Psychology, 93(S2), 402–410. https://doi.org/10.1111/bjep.12606.

Tiyas, M. A., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(2), 129–133. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i2.20.

Umama, D. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. 17–33. http://repository.upi.edu/77603/4/S_ PGSD_1800074_Chapter3.pdf.

Vygotsky, L. S. (2021). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran.Pdf.

Werbach, K., & Hunter, D. (2020). For the win: Gamification and game thinking in learning (Revised and Updated Edition). Wharton School Press.

Yuliana, T. U. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Playmat Ludocard Math pada Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Skripsi S1, Universitas Pendidikan Indonesia.